Find Your Own “STAR”


etos kerja

Bagaimana mencari pekerjaan yang cocok untuk diri anda sendiri.

Pada awal karier kita, ketika kita masih belum menemukan apa yang benar2 cocok untuk kita kerjakan, sering kita bertanya tanya, apa sebenarnya yang harus kita kejar? Dan selalu sulit untuk menemukan “Apa sebenarnya *Passion* kita?”, atau apa yang sebenarnya “cocok” untuk kita kejar?

Hal ini cukup umum, terutama untuk orang yang baru memulai kariernya. Apalagi buat yang baru lulus kuliah, baru pulang dari luar negeri, ataupun baru memulai kerja beberapa tahun di awal kariernya. Bahkan kadang tidak jarang orang yang telah lebih dari 10 tahun bekerja pun masih saja belum menemukan “jalan” yang cocok untuk dirinya.

Ada model pemikiran “STAR”, atau bintang apa yang seharusnya kita kejar. Memang tidak selalu dapat menjawab dengan tegas, apa yang sebenarnya cocok dengan kita, tapi setidaknya, ini adalah sebuah “arahan” yang mungkin bisa membantu kita menemukan “diri kita sendiri”.
Inilah “guiding star”, bintang pengarah yang dapat kita analisa, sebelum melangkah lebih jauh kedepan:

S: Situation. Pada situasi apa kita bisa bekerja dengan efektip, merasa senang dengan apa yang kita kerjakan, merasa cocok dengan diri dan jiwa kita sendiri. Situasi apa yang membuat kita “hanyut” dengan apa yang kita kerjakan?

T: Task. Tugas apa yang dapat kita kerjakan dengan baik. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda, dan setiap tugas membutuhkan kapabilitas yang berbeda. Apa type pekerjaan yang ada rasakan mampu anda kerjakan dengan sangat baik?

A: Action. Prilaku seperti apa yang membuat kita terangsang untuk bekerja giat? Di lapangan bekerja dengan orang lain, sendiri ketika kita bisa berpikir jernih, memimpin orang lain, menghitung, mendesign, atau berdiskusi dengan pelanggan. Jenis action apa yang paling cocok untuk anda?

R: Result. Pada jenis pekerjaan apa yang menghasilkan karya terbaik anda? Selama anda bekerja, pekerjaan seperti apa yang memberikan hasil optimal, dimana anda merasa hasilnya sukses dan lebih dari pada orang lain. Jenis atau dibidang apa anda merasa selalu dapat menghasilkan karya yang sangat baik hasi akhirnya?

Tidak semua orang nyaman bernegosiasi dengan orang lain; tidak semua orang ahli dibidang programing; tidak semua orang suka didepan komputer setiap hari; tidak semua orang nyaman berjualan; tidak semua orang suka berbicara didepan umum. Apa yang nyaman buat anda, tidak selalu cocok untuk orang lain. Hanya anda yang mampu menemukan pekerjaan yang paling pas dengan diri anda.

Variasi pekerjaan pada jaman ini sudah sangat lebar dan beragam. Sering kita memulai dari tempat yang salah, karena mungkin itu satu2nya pilihan saat itu. Tetapi dengan berjalannya waktu dan timbulnya kesempatan2 baru, kadang ada waktunya kita mempunyai kemewahan untuk memilih apa yang cocok untuk diri kita.

Pada pekerjaan yang tepat, pada bidang yang cocok, orang akan mampu menghasilkan karya yang optimal dan memberi sukses, dan kepuasan hidup yang luar biasa. Bila anda belum menemukan yang tepat, carilah kembali bintang anda. “Star” yang memeberikan pentunjuk apa yang sebenarnya cocok untuk anda. Selamat mencari.

*Tanadi Santoso

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s